Developed in conjunction with Joomla extensions.

Seorang ibu dalam rangka merawat tumbuh kembang tubuh anak, salah satu hal yang harus diperhatikan adalah: gizi. Kemudian bila gizi dianggap sudah cukup baik, langkah selanjutnya adalah bagaimana cara agar anak secara mandiri dapat memilih makanan yang baik untuknya? Sebab ada kalanya anak-anak lepas dari pengawasan orang tua, terutama bila sudah bersekolah. Guru pun tak bisa selamanya ada setiap detik, bukan?

Berdasarkan buku berjudul Raising Baby Green yang ditulis oleh Alan Greene, M.D. seorang dokter anak  yang tinggal di Danville, CA. Ada cara menarik agar anak tahu mana makanan sehat yang baik untuknya dan makanan yang kurang baik bagi tubuhnya.

Sumber Gambar: amazon

Pertama, ikuti cara iklan-iklan makanan kecil saat menarik minat anak untuk mencoba produk mereka, misalnya dengan ajakan tokoh kartun serta kemasan warna warni. Cuma kali ini kita pakai objek makanan sehat seperti sayuran hijau. Contohnya, taruh brokoli di tangan boneka kesukaan anak. Lalu buat dialog antara boneka dan anak anda, “Halo.. aku suka brokoli loh.. kamu juga suka kan?” lalu main tebak-tebakan warna menarik dari sayuran yang ada. Hijau untuk brokoli, orange untuk wortel, kuning untuk jagung dan sebagainya.

Sumber Gambar: sayur buah

Kedua, dengan cara mengajak anak main tebak-tebakan, “Siapa ibunya?” Contohnya, ambil sayuran lalu tanya, “Siapa ibunya?” kalau jawabannya “Pohon” berarti itu makanan sehat untuk dia. Lalu buah-buahan, “Siapa ibunya?” jawabannya masih “Pohon” berarti itu makanan sehat untuk dia.  Lalu susu, tanya, “Siapa ibunya?” jawabannya “Sapi” berarti masih sehat karena asalnya dari makhluk hidup. Kalau makanan ringan di kemasan, tanya juga, “Siapa ibunya?” kalau jawabannya “Pabrik” berarti itu makanan kurang sehat untuk dia. Awalnya kita bimbing, lama-lama dia akan bisa memilih sendiri makanan yang sehat untuk tubuhnya sendiri.

Demikian dua cara mudah bagi anda dan anak anda memilih makanan sehat. Terdengar simpel tapi tetap butuh usaha konsisten dari ibu untuk memperkenalkan makanan sehat yang baik demi tumbuh kembang anak-anak.

Developed in conjunction with Joomla extensions.